PEMASARAN RELATIONAL DALAM
PEMASARAN JASA
1.
Hubungan Pelanggan (Customer
Relationship)
Di
dalam perusahaan “KUNCI RUMAH” untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan kita tidak lepas tangan begitu saja
dengan pelanggan setelah pelanggan mengkonsumsi jasa yang kami berikan. “KUNCI RUMAH” bekerjanya dibidang jasa dengan menyalurkan (makelar) kebutuhan
kontrakan dan kost yang dibutuhkan mahasiswa ataupun masyarakat. Setelah pelanggan
mengkonsumsi jasa yang telah kami berikan, kami memberikan layanan complain
dari pelanggan. Sehingga, ketika terjadi ketidakpuasan dari pelanggan tentang
kontrakan dan kost yang telah ditempati kami bisa menyalurkan keluhan dari
pelanggan kepada pemilik kontrakan dan kost. Kami juga akan langsung bertindak
dengan izin dari pemilik ketika terjadi kerusakan ataupun permasalahan
kontrakan dan kost. Dengan begitu, harapan kami dengan selalu menjaga hubungan
baik dengan konsumen, konsumen akan kembali menggunakan jasa kami dikemudian
hari saat pelanggan membutuhkan kontrakan dan kost.
2.
Kemitraan dengan Pemasok (Supplier
partnership)
“KUNCI RUMAH” menjaga hubungan
kemitraan dengan pemasok dengan cara memberikan perbaikan ringan secara gratis
setiap satu tahun sekali. “KUNCI RUMAH" dibidang penyalur (makelar)
sehingga dipastikan harga lebih tinggi dari yang telah ditawarkan pemasok. Kami
selaku pemilik perusahaan mengkhawatirkan pemasok akan berpikiran kalau
kontrakan dan kost ditempatkan pada perusahaan kami maka kontrakan dan kost
yang mereka miliki akan tidak laku dijual. Sehingga untuk meyakinkan pemasok
bahwasannya mereka akan yakin menyerahkan kontrakan dan kost kepada kami dengan
cara melakukan pemasaran yang gencar dan efektif kami memberikan penjelasan
yang sedetail-detailnya. Selain itu senjata utama kami adalah memberikan
perbaikan ringan secra gratis selama satu tahun sekali karena biasanya
kontrakan dan kost butuh perbaikan satu tahun sekali, sehingga pemasok tidak
perlu mengeluarkan biaya perbaikan. Kami mengharapkan dengan strategi sperti
ini pemasok akan benar-benar mempercayai perusahaan “KUNCI RUMAH”.
3.
Kemitraan antar Perusahaan (Lateral
Partnership)
“KUNCI RUMAH” menjaga hubungan kemitraan antar perusahaan dengan cara membeli
dan menjual barang yang dibutuhkan perusahaan lain maupun perusahaan kami.
Ketika dengan perusahaan yang tidak sejenis kami membeli perlengkapan dan
peralatan yang kami butuhkaan seperti kuas, cat tembok, dan lain-lain.
Perusahaan lain juga membutuhkan jasa kami seperti membutuhkan tempat tinggal
sehingga kami bisa saling mengenl dan harga yang ditawarkan diharapkan bisa
berkurang karena saling mengenal baik. Sedangkan untuk perusahaan yang sejenis
tentunya kita akan saling bertukar informasi seperti harga kontrakan dan kost
pada umunya, atau saling menukarkan produk ketika kontrakan tersebut lebih
dekat dengan perusahaan lain yang Sejenis. Dengan begitu kami mengharapkan
kemitraan antar perusahaan terjalin dengan baik, agar terjadi persaingan yang
sehat tanpa harus mencoba saling menjatuhkan.
4.
Kemitraan Internal (Internal
Partnership)
“KUNCI RUMAH” menjaga kemitraan internal perusahaan dengan cara memberikan
gaji yang pantas untuk karyawan sehingga tidak terjadi kecemburuan social antar
karyawan. Selain itu, ketika ada karyawan yang berprestasi berhasil menyewakan
lebih dari target yang diberikan kami akan memberikan penghargaan berupa bonus
uang ataupun sebuah lencana agar karyawan merasa benar-benar diperhatikan oleh
perusahaan sehingga terjadi peningkatan volume penyewaan. Menciptakan hubungan
kekeluargaan didalam perusahaan kami sehingga gotong royong antara karyawan
dengan pimpinan diharapkan dapat meningkatkan penyewaan.
5.
Hubungan dengan Masyarakat dan Lembaga
Keuangan
Untuk
menjaga hubungan baik dengan masyarakat kami mengikuti kegiatan-kegiatan yang
dilakukan di kelurahan yang kami tempati seperti bakti social yang dilakukan
masyarakat. Dengan begitu diharapkan kepercayaan masyarakat akan meningkat dan
memberikan penilaian plus dari masayarakat tentang perusahaan kami.
Sedangkan
untuk menjaga hubungan baik dengan lembaga keuangan adalah dengan cara ketika
kami memiliki hutang kami berusahaa selalu membayar tagihan tepat waktu. Dengan
begitu perusahaan kami akan dipercaya oleh lembaga keuangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar