KUNCI RUMAH
(Biro Kontrakan dan Kost

1. LATAR
BELAKANG
Kota
Malang merupakan kota pendidikan sehingga banyak sekali mahasiswa dari seluruh
Indonesia mencari ilmu di kota ini. Kebutuhan mahasiswa sangatlah banyak karena
mereka harus hidup sendiri tanpa didampingi orang tua, seperti memenuhi
kebutuhan sehari-hari, tempat tinggal dan lain-lain. Untuk itu saya berusaha
memanfaatkan kebutuhan tempat tinggal mahasiswa seperti kontrakan dan kost-kost
an. Sehingga saya akan membentuk perusahaan dalam bentuk jasa yang menyediakan
informasi tempat tinggal yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Perusahaan ini akan
menyalurkan informasi tempat tinggal seperti kontrakan dan kost-kost an sehingga perusahaan harus joint dengan masyarakat yang memiliki
kontrakan dan kost-kost an. Dengan cara inilah perusahaan akan mendapatkan fee dari konsumen maupun pemilik
kontrakan dan kost-kost an. Bentuk perusahaan ini terinspirasi oleh
perusahaan-perusahaan besar seperti Agung Podomoro, Ciputra Group dan lain-lain
yang menyediakn informasi apartemen untuk konsumen. Dengan menginspirasi
perusahaan ini saya akan melakukan hal yang sama tetapi dalam skala yang lebih
kecil.
2.
KLASIFIKASI JASA
Perusahaan
jasa ini termasuk ke dalam jasa murni karena perusahaan ini menyediakan
seluruhnya berupa jasa yaitu menyediakan informasi penyewaan kontakan dan kost
yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan tidak menciptakan sebuah
produk tetapi bekerjasama dengan pemilik produk berupa kontakan dan kost.
Perusahaan ini hampir sama dengan makelar tetapi lebih teroganisir karena
memiliki struktur organisasi yang jelas.
3. KARAKTERISTIK JASA
a. Intangibility
(tidak berwujud)
Perusahaan jasa ini memiliki kepuasan
konsumen setelah konsumen mengkonsumsi jasa ini karena berupa kontrakan dan
kost sehingga setelah konsumen mendapatkan kontrakan atau kost yang cocok
untuknya mereka akan menilai kinerja perusahaan ini. Perusahaan jasa ini akan
menjelaskan interior dan eksterior dari produk yang diinginkan konsumen
sehingga konsumen mendapatkan informasi yang lebih banyak dari yang diinginkan
konsumen. Perusahaan ini juga akan menyediakan catalog berupa gambar-gambar
minimalis tentang kontrakan dan kost sehingga dengan melihat gambar-gambar
tersebut akan menarik minat kosumen.
b. Inseparability
Disini kita tidak lepas tangan begitu saja
terhadap pembelian konsumen kita juga menyediakan keluhan-keluhan dari konsumen
agar mereka merasa terlindungi oleh perusahaan ini. Konsumen akan merasa senang
jika keluhan-keluhan mereka ada yang mendengarkan.
c. Heterogeinity
pembeda perusahaan jasa ini dengan
perusahaan jasa property lainnya adalah perusahaan ini berjalan pada masyarakat
ekonomi menengah kebawah yang cenderung masih membutuhkan kontrakan dan kost.
Bedakan dengan perusahaan jas property seperti raywhite dan Inmax yang melayani
pembelian dan penjualan rumah ataupun ruko sehingga mereka memiliki prospek yang lebih tinggi.
d. Perishability
Dalam kondisi mahasiswa mencari
kontrakan dan kost baru permintaan akan melambung tinggi karena mahasiswa akan
saling berlomba lomba mencari kontrakan. Nah, untuk mengantisipasi hal ini
sebelum akhir semester yang biasanya mahasiswa kontrak tempat tinggalnya sudah
habis akan mencari tempat baru kita akan menyediakan yang lebih banyak karena
permintaan yang sangat tinggi. Tetapi disaat sudah tidak musimnya orang mencari
kontrakan permintaan akan langsung terjun menurun tetapi untuk mengantisipasi
minimnya permintaan kita juga mencari kontrakan dan kost yang khusus untuk
karyawan.
e. Lack
of ownership
Dalam
perusahaan ini konsumen tidak memiliki
jasa yang telah kita berikan karena berupa sebuah kontrakan dan kost yang mana
konsumen membayar sewa tempat tinggal tersebut selama periode yang mereka
inginkan. Konsumen hanya menikmati jasa yang kita berikan tetapi tidak memiliki
jasa yang telah kita berikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar