Selasa, 04 Juni 2013

klasifikasi dan karakteristik jasa



KUNCI RUMAH
(Biro Kontrakan dan Kost
http://thumbs.dreamstime.com/z/house-key-logo-22023594.jpg

1.      LATAR BELAKANG
Kota Malang merupakan kota pendidikan sehingga banyak sekali mahasiswa dari seluruh Indonesia mencari ilmu di kota ini. Kebutuhan mahasiswa sangatlah banyak karena mereka harus hidup sendiri tanpa didampingi orang tua, seperti memenuhi kebutuhan sehari-hari, tempat tinggal dan lain-lain. Untuk itu saya berusaha memanfaatkan kebutuhan tempat tinggal mahasiswa seperti kontrakan dan kost-kost an. Sehingga saya akan membentuk perusahaan dalam bentuk jasa yang menyediakan informasi tempat tinggal yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Perusahaan ini akan menyalurkan informasi tempat tinggal seperti kontrakan dan kost-kost an  sehingga perusahaan harus joint dengan masyarakat yang memiliki kontrakan dan kost-kost an. Dengan cara inilah perusahaan akan mendapatkan fee dari konsumen maupun pemilik kontrakan dan kost-kost an. Bentuk perusahaan ini terinspirasi oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Agung Podomoro, Ciputra Group dan lain-lain yang menyediakn informasi apartemen untuk konsumen. Dengan menginspirasi perusahaan ini saya akan melakukan hal yang sama tetapi dalam skala yang lebih kecil.



2.      KLASIFIKASI JASA
Perusahaan jasa ini termasuk ke dalam jasa murni karena perusahaan ini menyediakan seluruhnya berupa jasa yaitu menyediakan informasi penyewaan kontakan dan kost yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan tidak menciptakan sebuah produk tetapi bekerjasama dengan pemilik produk berupa kontakan dan kost. Perusahaan ini hampir sama dengan makelar tetapi lebih teroganisir karena memiliki struktur organisasi yang jelas.
3.      KARAKTERISTIK  JASA
a.       Intangibility (tidak berwujud)
Perusahaan jasa ini memiliki kepuasan konsumen setelah konsumen mengkonsumsi jasa ini karena berupa kontrakan dan kost sehingga setelah konsumen mendapatkan kontrakan atau kost yang cocok untuknya mereka akan menilai kinerja perusahaan ini. Perusahaan jasa ini akan menjelaskan interior dan eksterior dari produk yang diinginkan konsumen sehingga konsumen mendapatkan informasi yang lebih banyak dari yang diinginkan konsumen. Perusahaan ini juga akan menyediakan catalog berupa gambar-gambar minimalis tentang kontrakan dan kost sehingga dengan melihat gambar-gambar tersebut akan menarik minat kosumen.
b.      Inseparability
Disini kita tidak lepas tangan begitu saja terhadap pembelian konsumen kita juga menyediakan keluhan-keluhan dari konsumen agar mereka merasa terlindungi oleh perusahaan ini. Konsumen akan merasa senang jika keluhan-keluhan mereka ada yang mendengarkan.
c.       Heterogeinity
pembeda perusahaan jasa ini dengan perusahaan jasa property lainnya adalah perusahaan ini berjalan pada masyarakat ekonomi menengah kebawah yang cenderung masih membutuhkan kontrakan dan kost. Bedakan dengan perusahaan jas property seperti raywhite dan Inmax yang melayani pembelian dan penjualan rumah ataupun ruko sehingga mereka  memiliki prospek yang lebih tinggi.

d.      Perishability
Dalam kondisi mahasiswa mencari kontrakan dan kost baru permintaan akan melambung tinggi karena mahasiswa akan saling berlomba lomba mencari kontrakan. Nah, untuk mengantisipasi hal ini sebelum akhir semester yang biasanya mahasiswa kontrak tempat tinggalnya sudah habis akan mencari tempat baru kita akan menyediakan yang lebih banyak karena permintaan yang sangat tinggi. Tetapi disaat sudah tidak musimnya orang mencari kontrakan permintaan akan langsung terjun menurun tetapi untuk mengantisipasi minimnya permintaan kita juga mencari kontrakan dan kost yang khusus untuk karyawan.
e.       Lack of ownership
Dalam perusahaan ini konsumen tidak  memiliki jasa yang telah kita berikan karena berupa sebuah kontrakan dan kost yang mana konsumen membayar sewa tempat tinggal tersebut selama periode yang mereka inginkan. Konsumen hanya menikmati jasa yang kita berikan tetapi tidak memiliki jasa yang telah kita berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar